Bekal Keterampilan Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Anak

 On Rabu, 29 Juli 2015  

menghilangkan luka bakar

Memberi pelajaran dan bimbingan perlu dilakukan oleh setiap orang tua pada anaknya. Bukan hanya membimbingnya dalam belajar bahasa serta tata krama saja, tapi juga memberinya pengetahuan dan praktek langsung dalam menjaga kesehatannya. Ajarkan anak berbagai cara sigap seperti pertolongan pertama pada kecelakaan, cara mengobati luka, cara mengatasi dan menghilangkan luka bakar dan yang lainnya yang merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh mereka dalam hidupnya. Keterampilan tersebut bukan hanya sebatas teori saja yang kita berikan, tapi juga dengan praktek yang kita contohkan kepada mereka.

Ajarkan pada mereka untuk tidak ketergantungan pada obat dan bahan yang disediakan praktis seperti sekarang ini, tapi ajarkan juga cara memanfaatkan obat-obatan praktis tersebut. Namun yang paling baik adalah mengajarkan mereka untuk bisa memanfaatkan segala potensi alam yang sederhana dan banyak tersedia untuk dijadikan sebagai bahan obat yang paling mujarab. Cara mengatasi luka bakar misalnya yang banyak bahan di alam yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar, beberapa diantaranya yaitu:

1.   Minyak kelapa dan kentang

Minyak kelapa adalah bahan yang selalu ada di sekitar rumah jadi mudah di dapat, selain untuk menggoreng, minyak kelapa juga baik untuk mengobati luka bakar. Namun dalam pelaksanaannya, minyak kelapa harus dicampur dengan kentang mentah. Nah adapun caranya yaitu sediakan tiga buah kentang yang masih mentah kemudian diparut hingga lembut atau juga bisa menggunakan blender. Setelah itu, campurkan minyak kelapa secukupnya. Bahan tersebut dilulurkan dan dijadikan masker bagi kulit yang luka, kemudian ikat dengan kain atau perban. Ganti setiap sehari sekali sampai luka benar-benar sembuh.

2.   Umbi bidara upas

Umbi bidara upas ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan luka akibat gigitan ular. Namun bisa juga dijadikan alternatif untuk mengobati luka bakar. Adapun caranya yaitu sediakan satu buah umbi bidara upas, kemudian bersihkan dan iris tipis. Cukup dengan menempelkan irisan umbi tersebut pada luka bakar dan ikat dengan kain bersih.

Itulah cintih keterampilan yang diajarkan pada anak-anak supaya mereka lebih cekatan dan tanggap serta peduli kepada kesehatan. Dengan keterampilan tersebut, mereka akan lebih mandiri dan lebih kreatif serta tidak ketergantungan terhadap obat kimia yang kini banyak tersedia.

Bekal Keterampilan Cara Mengatasi Luka Bakar Pada Anak 4.5 5 Unknown Rabu, 29 Juli 2015 Memberi pelajaran dan bimbingan perlu dilakukan oleh setiap orang tua pada anaknya. Bukan hanya membimbingnya dalam belajar bahasa sert...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar