Niat dan Doa Zakat Fitrah Syarat Wajib Sebelum Berzakat

 On Senin, 31 Juli 2017  

zakat fitrah

Sebelum memasuki hari raya Idhul Fitri, maka diwajibkan kepada setiap orang untuk membayar zakat fitrah, yaitu zakat untuk diri sendiri, sebagaimana fitrah manusia yang harus selalu dibersihkan dari dosa-dosa. Pada prinsipnya semua orang memang tak ada yang sempurna, penuh dengan dosa, untuk membersihkan diri dari dosa tersebut, sebelum datangnya hari raya kemenangan, maka diwajibkan untuk membayar zakat fitrah ini. Membaca niat dan doa zakat fitrah sebelum nantinya menyerahkan ke tempat yang seharusnya.

Akad fitrah bisa disumbangkan secara langsung pada mereka yang membutuhkan, atau dengan datang ke lembaga pengelolaan zakat ini, sehingga mereka bisa menyalurkan secara efektif. Banyak diantara masyarakat yang pastinya tau mengenai manfaat dari berzakat ini, selain berguna untuk membersihkan diri, sebenarnya akad fitrah ini juga memiliki banyak sekali manfaat dalam hidup Anda. Seperti diantaranya adalah untuk menumbuhkan sifat saling tolong menolong kepada sesama yang membutuhkan. Lalu sebenarnya siapa saja yang memiliki kewajiban untuk membayar zakat tersebut, berikut ini diantaranya:

1. Masyarakat muslim, setiap diantara muslim harus membayar zakat ini sebelum datang hari kemenangan atau Idhul Fitri.
2. Mereka yang mampu, meskipun muslim, namun ternyata dari segi keuangan atau ekonomi tidak mampu, maka tidak diwajibkan untuk membayar zakat fitrah, karena zakat ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki kelebihan makanan atau harta saja untuk disumbangkan.
3. Anak yang lahir pada matahari jatuh, yaitu di akhir bulan ramadhan, sudah harus membayar zakat fitrah ini.
4. Seseorang yang meninggal, selepas terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan.
5. Memeluk agama Islam selepas terbenamnya matahari di akhir bulan ramadhan.

Semua orang tersebut memiliki kewajiban di dalam membayar zakat fitrah, jumlahnya sendiri tak banyak. Di Indonesia zakat fitrah bisa dibayarkan dalam bentuk beras atau diganti dengan uang, jika memang tak memiliki beras. Namun sebenarnya jenis apapun boleh asalkan termasuk dalam bahan makanan pokok, seperti gandum, kacang-kacangan atau sejenisnya. Lebih diutamakan dibandingkan dengan yang.

Baca niat dan doa zakat fitrah lengkap disini.
Niat dan Doa Zakat Fitrah Syarat Wajib Sebelum Berzakat 4.5 5 Unknown Senin, 31 Juli 2017 Sebelum memasuki hari raya Idhul Fitri, maka diwajibkan kepada setiap orang untuk membayar zakat fitrah, yaitu zakat untuk diri sendiri...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar