Yang Harus Dilakukan Pertama Kali Sebagai Cara Mengatasi Luka Bakar!

 On Senin, 02 November 2015  

cara mengobati luka bakar secara efektif

Pada saat musim kemarau seperti saat ini, kemungkinan terjadinya peristiwa kebakaran pasti akan meningkat. Maka dari itu Anda perlu tahu cara mengatasi luka bakar sehingga jika terjadi kecelakaan baik kecil maupun besar, paling tidak Anda tak lagi panik. Karena Anda bisa memberikan pertolongan pertama dengan benar. Bagaimanapun luka bakar bisa terjadi pada siapapun dan dalam kejadian apapun. Tak hanya pada peristiwa kebakaran, tapi juga bisa terjadi pada kegiatan yang kita lakukan sehari-hari di rumah.

Seperti misalnya ketika kita sedang memasak, bersepeda motor, ataupun kegiatan lainnya saat sedang bekerja yang melibatkan penggunaan api. Pada dasarnya, luka bakar bisa dikategorikan menjadi 3 jenis:

  • Luka bakar ringan,
  • Luka bakar sedang,
  • Luka bakar berat.

Adapun yang membedakan masing-masing luka diatas adalah akibat yang ditimbulkan. Jika luka bakar ini adalah luka bakar ringan, berarti jaringan yang rusak hanya dibagian atas saja dan tak lebih dari 10% anggota tubuh. Jika luka bakar sedang berarti ada jaringan dibawah kulit yang ikut rusak dan lebih dari 10-20% anggota tubuh dan seterusnya.

Sebelum menunggu dokter datang, tidak ada salahnya Anda mengetahui tips menyembuhkan luka bakar pertama kali bukan? yaitu:
  • Gunakan air mengalir untuk membasuh luka karena terbakar. Hal ini berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa penyebab kebakaran tersebut, misalnya bahan kimia ataupun lainnya. Jika tidak ada air mengalir, tak masalah jika luka itu direndam pada air. Lakukan hal ini sampai rasa perih hilang.
  • Jangan disentuh dengan tangan langsung. Gunakan saja kassa steril untuk menutup luka agar tidak terjadi infeksi.
  • Berikan obat anti nyeri untuk meredakan nyeri yang dirasakan

Jika selama ini banyak orang mengatakan bahwa luka bakar akan semakin cepat sembuh jika diolesi minyak ataupun mentega, maka ini hanyalah mitos. Lebih baik tidak menggunakan bahan lain yang tidak disarankan oleh dokter. Ada juga yang mengatakan cara mengatasi luka bakar pertama kali adalah dengan air es. Hal ini masih menjadi perdebatan. Tapi banyak yang menyarankan untuk tidak, karena dengan suhu yang rendah akan menyebabkan luka baru di jaringan kulit yang dinamakan frost bite.
Yang Harus Dilakukan Pertama Kali Sebagai Cara Mengatasi Luka Bakar! 4.5 5 Unknown Senin, 02 November 2015 Pada saat musim kemarau seperti saat ini, kemungkinan terjadinya peristiwa kebakaran pasti akan meningkat. Maka dari itu Anda perlu tah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar